Rumah ini sangat vintage. Tergolong besar dengan banyak
kamar sehingga bude gue menerima kos putra agar rumahnya tidak sepi. Terus
kamar mandinya terpisah di belakang. Di halaman belakang banyak binatang
peliharan. Ada ikan-ikan koi, burung beo, dan ayam kate yang bernama Mino. Bude
Trinil namanya, adalah kakak perempuan bokap gue. Sebenernya beliau sepupu sih.
Jadi seperti yang gue ceritakan di post sebelumnya. Bokap gue di asuh oleh mbah
kakek dan eyang uti. Mbah kakek punya 3 anak perempuan : Bude Yen, Bude Trinil,
dan Bude Titi. Semuanya lebih tua daripada bokap gue. Sedangkan saudara
kandungnya ada 2 perempuan : Tante Sinta dan Tante Renggo. Bokap gue
diperebutkan dua keluarga gitu. Ujung-ujungnya dibesarkan sama mbah kakek.
Soalnya mbah kakek menjamin pendidikan. Mulai dari Bude Yen, Bude Trinil, Bude
Titi sampai bokap gue semuanya kuliah di unpad.
Suami Bude Trinil biasa
dipanggil Pakde Cuk. Anaknya 2, saudara gue yaitu Mas Adi yang kuliah di UII
(Universitas Islam Indonesia) di jogja, dan Mas Iyo yang kuliah di UGM.
Dua-duanya jowo banget! Kebetulan semuanya lagi ada di rumah. Jadi gue bercengkrama
dengan semuanya sampai kira-kira jam 7 malam. Rumah udah sepi. Gue masih capek,
jadi langsung tidur. Btw, kamar mandinya kan jauh di belakang rumah. Malam itu
gue beser banget pipis sampe 3 kali. Untung keberanian gue lagi ada. Biasanya
gue selalu minta temenin. Apalagi dulu, di deket kamar mandi itu tuh ada
sumurnya. Serem abis.
Keesokan paginya gue
kaget dibangunin sama Bude Trinil. Disuruh nemenin minjem mangkok sebanyak
gaban ke tetangga. Soalnya hari sabtu mau ada arisan bapak-bapak di rumah. Jam
6 pagi dengan penampilan bangun tidur gue ke rumah tetangga ngambil mangkok 2
lusin. Baru nyampe rumah tiba-tiba diajak ke pasar sama bude. Jalan kaki.
Pasarnya lumayan deket. FYI, bude gue ini disiplin, over protective, perfeksionis, ribet sendiri. AH pokoknya semua
sifat yang gak disukain sama anak muda. Gue harus mengangkut telor, pisang 2
sisir, susu kedelai, dan gas 3kg sampe ke rumah. OLAHRAGA BETUL YAH!
Sesudah sarapan
tiba-tiba bude ngajakin ke pasar lagi. Kali ini lumayan jauh jadi harus pake
motor. Awalnya bude gue yang nyetir. Dulu setiap naik motor pasti gue disuruh
pegangan ke pinggangnya. MEN, ini Purwokerto. Jalanan sepi banget bahkan lo
bisa ngedrift disana dan gue disuruh pegangan. Malu banget. Nah gue udah bilang
alhamdulillah dalam hati ketika gak disuruh pegangan. Terus tiba-tiba bude gue
berhenti dan bilang, “eh apa sarita aja yang nyetir? Iya deh ini sarita aja
yang nyetir. Jangan ngebut-ngebut ya”. Gantian lah gue yang nyetir...
Kalian tau kan, motor
itu semakin pelan semakin gak stabil. Gue baru ngegas dikit aja bude gue
langsung pegangan ke pinggang gue. Gue sampe kaget. Abis itu padahal ada orang
jalan di pinggir, tapi bude gue teriak depan kuping, “AWAS AWAS ITU ADA
MBAH-MBAH”. Terus, “belok kiri, hati-hati itu ada bolongan”, “POLISI TIDUR
AWAS!”, “JANGAN NGEBUT” padahal kecepatannya gak pernah di atas 30 km/jam...
gue sedih. Panik sendiri jadinya...
Selama di pasar, tangan
gue terus dipegangin seperti bocah yang akan hilang apabila ditinggal.
Disebrangin, dipegangin, diawasin. Waduh. Di pasar ini kita beli toge, jeruk,
daun bawang, pisang 2 sisir (lagi), sama tahu. Rencananya itu bude mau masak
soto buat arisannya. Gue lagi-lagi menjadi kurir yang membawa semua belanjaan.
Pas pulang, gue gak tau harus berkata apa ketika disuruh metikin akar toge
sebanyak 8 ons. 8 ons itu banyak banget loh... gue bilang, “bude kalo di
Jakarta togenya ada yang udah gak ada akarnya”. Gue salah metik aja diomelin.
Tutup togenya yang warna ijo itu juga harus ilang. Gak boleh ada yang miss
sedikitpun.
SELAMA 2 JAM gue
metikin toge sampai hampir gila. Bude gue ngajakin ngobrol banyak hal.
Cerita-cerita tentang kehidupannya, masa mudanya. Kemudian lama-lama kita
berdua ngantuk. Bude tidur sedangkan gue mandi karena mau ke rumah
sodara-sodaranya Eyang Rina (ibu kandung bapake). Gue kesana sama bokap. Ketemu
Eyang Rina setelah sekian lama. Eyang pangling karena gue pake kerudung
sekarang. Bahagia banget ekspresinya gue sampe mau nangis saat itu. Gue nahan
nangis. Gak tau kenapa pengen nangis. Pernah gak sih sedih sendiri ngeliat
eyang lo? Kayak.... beliau bahagia melihat lo tumbuh dewasa, tapi beliau
sendiri semakin tua dan renta. Mana eyang gue sempet-sempetnya ngasih THR,
ngasih kue lebaran banyak banget. Gue gak tega. Sedih lah pokoknya hiks
Kemudian sepulang dari
eyang, gue sempet ngobrol sama Pakde Cuk dan Mas Iyo seputar dunia perkuliahan.
Ngomongin skripsi, nilai, sejarah kampus UGM, unpad, UNS, Unsoed. Buset.
Pokoknya menambah wawasan gue karena gue gak tau sama sekali tentang hal itu.
Fakta yang sedikit lucu
adalah : Bude Trinil merupakan sarjana antropologi. Ahahaha. Jadi selama 2 jam
metikin toge itu kita sedikit banyak ngomongin antropologi. Lucu tau nama bude
gue itu aslinya Martini, kemudian entah kenapa menjadi Trinil. Dugaan gue
karena beliau anak antrop, terus belajar pithecanthropus YANG ditemukan di
dekat Sungai Trinil. Makanya jadi dipanggil Trinil, bisa jadi kan?! Tapi gue
gak berani nanya, dan bude gak pernah cerita.
Lanjut.
Pengalaman penelitian
bude gue cukup seru. Kata bude jadi anak antrop susah jadi feminim. Gue
dinasehatin banyak hal. Kalo penelitian nanti katanya harus bawa persediaan
beras, abon, tissue basah, aqua. Karena makanan dan minuman di daerah yang kita
teliti belum tentu cocok sama kita (bener sih, kayak waktu gue di Sumba. Gue
disuruh bawa makanan sama minuman sendiri. Taunya gue disuruh makan babi.
Untung gue bawa abon. Dan di sumba krisis air. Gue bawa persediaan banyak di
saat senior gue pada kehabisan air. Semua berkat Sisgahana gue jadi lumayan
prepare #pamer). Bude gue selalu ditempatin di daerah yang gak ada kamar
mandinya. Jadi kalo mau pup susah. Kemana-mana selalu jalan kaki. Bude gue
pernah penelitian di Jambi. Desanya kayak hutan rimba, listrik aja gak ada.
Sulit memang menjadi anak antropologi, apalagi jaman dulu yang pikiran
orang-orangnya masih pada terbelakang.
Bude memaksa gue untuk
penelitian skripsi di Boyolali. Tentang Suku Samin. Suku yang di cap bodoh
padahal sebenernya gak bodoh. Makanya di Jawa orang yang lemot sering dikatain,
“ah dasar samin lu”. Padahal Samin adalah nama sebuah suku.
Suku Samin dikatakan bodoh
karena mereka terlalu polos dan sangat memperhatikan tata bahasa. Contoh : kalo
elo kesana terus nanya, “rumah pak lurah yang mana ya?” mereka bakalan bengong
ngeliat kanan kiri dan jawab “gak tau”. Tapi kalo elo minta anterin mereka
bakal nganterin ke rumah pak lurah, “itu rumah pak lurah”. Menurut orang Samin,
ketika kita nanya “yang mana” tandanya tempat itu harus keliatan di mata
mereka. Kalo gak keliatan berarti mereka gak tau. Kecuali kalo nanyanya di
deket rumah pak lurah. “rumah pak lurah yang warna apa?” mereka akan nunjuk,
“itu rumah pak lurah”
Contoh lain adalah
ketika kita menitipkan sesuatu ke orang Samin. Misalkan kita nitip sepeda,
“saya titip sepeda ya, saya mau ke desa sebelah sampai malam”. Orang Samin akan
menjaga sepeda itu dimanapun lo nyuruh dia titip. Misalkan lo nitip dibawah
pohon, dia bakal mejeng disitu terus sampe malem gak pulang-pulang. Kalo lo
bilangnya, “saya titip sepeda ya sampai malam. Sepedanya boleh kamu bawa”. Dia
bakalan menggiring sepedanya sampai rumah. Gak digoseh. Kecuali kalo lo
bilangnya gini, “saya titip sepeda ya. Saya mau ke desa sebelah sampai malam.
Itu sepedanya boleh kamu naiki sampai ke rumah”. Baru deh dia pake sepedanya.
Keliatannya sederhana.
Keliatannya bodoh. Padahal sebenernya mereka polos. Mereka terlalu baik. Mereka
terlalu memperhatikan bahasa. Coba aja lo di titipin motor sama temen lo,
dikasih kunci sama STNK. Temen lo bilang bakal pergi 3 hari. Motornya bakal lo
diemin apa kagak? Pasti dipake
Ya walaupun cukup lelah
berada di rumah itu, setidaknya gue selalu mendapatkan ilmu baru ;)